Mengenal Jenis-jenis Minyak Zaitun

Sudah tidak diragukan lagi, bahwa zaitun memiliki khasiat yang sangat bermanfaat. Bahkan buah ini disebutkan di dalam Alquran:

“Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS. An-Nahl : 11)

Oleh karena itu, dalam rangka mengamalkan isi Alquran, sangat disarankan kita semua untuk mengkonsumsinya.

Salah satunya adalah dengan mengkonsomsi minyak zaitun. Minyak zaitun didapat dari buah zaitun yang diproses menjadi pasta. Pasta tersebut diaduk perlahan hingga titik-titik minyaknya menyatu menjadi konsentrat. Lalu, minyak itu diekstraksi dengan alat press atau dengan teknik centrifugation.

Dari sinilah didapat bermacam-macam jenis minyak zaitun, misalnya minyak zaitun jenis light, virgin, extra virgin dan lain-lain. Perbedaan jenis minyak zaitun ini mengacu pada perbedaan proses pengolahannya. Contohnya minyak zaitun jenis virgin dan extra virgin diproses secara organik dengan sistem pengepresan dingin. Ada pula pure olive oil yang juga dikenal dengan refined olive oil, yang sudah melewati proses penambahan zat kimiawi.

Berikut adalah jenis-jenis minyak zaitun yang beredar di pasaran. Biasanya kemasan minyak zaitun selalu menginformasikannya.

  1. Extra virgin : dihasilkan dari zaitun berkualitas no.1 memiliki keasaman alami kurang dr 1%. Rasa buahnya kuat, sangat baik utk kesehatan, pengobatan, makanan, & kecantikan.
  2. Virgin : Diproses secara mekanik dgn perasan tanpa PANAS, yg mengubah tingkat keasaman mjd 1-5%.
    Disarankan utk meracik salad dan marinade.
  3. Pure : Campuran minyak zaitun sulingan diolah dgn uap & bahan kimia & yg virgin & harganya lbh murah. Tingkat keasaman 3-4%. Paling sering digunakan utk memasak.
  4. Extracted and refined : Dibuat dari sisa perasan pertama dgn menggunakan pelarut KIMIA.
  5. Pomace : Dibuat dgn ekstraksi kimia dari residu yg tersisa setelah perasan & pemrosesan kedua. Mengandung keasaman 5-10%. Pada umumnya utk campuran produk kosmetika atau penggunaan luar.

Adapun kualitas/grade Minyak Zaitun HPAI adalah tipe 1, yakni Extra Virgin. Insya Allah, dengan grade tersebut minyak Zaitun HPAI memiliki kualitas terbaik dan manfaat yang sangat banyak.

Mengapa Kemasan Minyak Zaitun HPAI kecil?

Zaitun / Extra Virgin OilMenurut pengalaman, kualitas minyak zaitun dapat turun jika sering berinteraksi dengan udara bebas. Semakin sering berinteraksi, maka semakin turun kualitasnya. Oleh karena itu, HPAI hanya membuat Minyak Zaitun dalam kemasan 60ml saja. Dengan kemasan ini, diharapkan 1 botol akan habis dikonsumsi dalam waktu maksimum 7 hari. Dengan demikian, kualitasnya tidak akan turun secara drastis.

Manfaat Minyak Zaitun

Minyak Zaitun memiliki banyak sekali manfaat, Insya Allah. Diantaranya:

  • Mencegah berbagai jenis kanker
  • Mencegah penuaan dini
  • Menyehatkan pencernaan
  • Mencegah penyakit jantung
  • Mengurangi resiko diabetes
  • Memperbaiki penglihatan
  • Mencegah asma
  • dan masih banyak lagi

Syukur Alhamdulillah, sahabat kini sudah mengetahui lebih banyak tentang minyak zaitun. Ayo, amalkan perintah Allah SWT tentang minyak zaitun ini, dengan mengkonsumsinya. Insya Allah, hidup menjadi lebih berkah dan sehat selalu. Aamiin.

Leave a Reply